DIMENSI BUDAYA POLITIK DALAM PEMBENTUKAN EPSITEMOLOGI ARAB-ISLAM

Perspektif Muhammad 'Abid AI-Jabiri

  • Ahmad Sugiri STAIN "Sultan Maulana Hasanuddin Banten" Serang

Dalam mencermati sejarah pemikiran Islam, al­ Jabiri mengemukakan ada tiga struktur epistemologi yang pernah berkembang di kalangan umat Islam, ya­ itu bayani, irfani dan burhani. Ketiga bangunan epistemologi ini masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Bayani dibentuk oleh ilmu-ilmu Arab-Islam murni, seperti ilmu bahasa dan agama; irfani men­ cakup akumulasi dari berbagai gagasan,  keyakinan dan mitos yang dilegitimasi oleh agama yang diyakini oleh para ahlinya sebagai "hakekat" di balik teks. Se­ dang burhani merupakan keilmuan filsafat yang diadopsi dari "dunia luar" terutana Yunani. Meski ketiganya memiliki karakteristik tersendiri, tetapi da­ lam perjalanan sejarah saling mempengaruhi dan me­ lengkapi membentuk dunia keilmuan Islam yang dinamis dan kreatif
Akan tetapi dalam perkembangannya dewasa ini, hanya epistemologi bayani-lah yang mendominasi wa­ cana pemikiran Islam.  Akibatnya  otoritas  dan  domi­ nasi teks menjadi piranti metodologis keilmuan dalam dunia Islam. Otoritas teks secara ontologis-aksiologis menjadi suatu yang taken for  granted,  yang  pada dataran epistemologis tak pernah ada batas untuk per­ tanyaan yang kritis dan paling radikal sekalipun.
Sesungguhnya ketiga bangunan epistemologi di atas tidak terlepas dari  pengaruh  faktor  heuristik  dan budaya politik yang dijalankan  oleh  penguasa-pengua­ sa Islam. Kategori-kat egori budaya politik aqidah, ghanimah dan kabilah yang di petakan al-Jabiri, telah mempengaruhi dalam pembent ukan epistetologi Islam. Tulisanini mencoba menelus uri bagaimana pergumu lan antara budaya politik umat Islam sejak zaman Nabi Muhammad sampai Abbasiyah awal dalam pemben­ tukan epistemologi  Islam ,  dengan  mengacu  pada pemiki ran al-Jabiri.

Published
Oct 29, 1998
How to Cite
SUGIRI, Ahmad. DIMENSI BUDAYA POLITIK DALAM PEMBENTUKAN EPSITEMOLOGI ARAB-ISLAM. Al Qalam, [S.l.], v. 14, n. 74, p. 52-74, oct. 1998. ISSN 2620-598X. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqalam/article/view/443>. Date accessed: 18 sep. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/alqalam.v14i74.443.
Abstract view
2 times
PDF (Bahasa Indonesia) download
2 times