GERRIT BOS' EDITION OF QUSTA IBN LUQA'S AR-RISALA WITHIN THE CONTEXT OF THE WESTERN SCHOLARSHIP

  • Ayatullah Humaeni IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Artikel ini membahas tentang edisi kritik Gerrit Bos’ alas karya Qusta Ibn Luqa's Risala ila al-hasan b. Mahlad fi-tadbir safar al-hajj. Salah satu karya Gerrit Bos yang berkaitan dengan manuskrip Arab klasik yang diterbitkan oleh E.J. Brill pada tahun 1992. Sebagaimana tertera dalam judul manuskrip tersebut, karya ini membahas tentang pengetahuan yang berkaitan dengan masalah-masalah yang dihadapi oleh para jemaah haji pada abad pertengahan. Risalah ini merupakan suatu bimbingan kesehatan yang bagus, simpel dan ringkas yang ditujukan untuk para jemaah haji, yang kurang pengetahuan akan medis. Risalah ini mengandung informasi dasar mengenai aturan atau tatacara terbaik untuk menjaga kesehatan seseorang dan juga membahas berbagai kemunkinan penyakit yang akan dihadapi oleh para jama'ah disertai dengan cara perawatan dan pengobatannya.
Artikel ini juga membahas tentang tradisi keilmuan Barat dalam mengedit dan menganotasi manuskrip-manuskrip Arab klasik. Disamping itu, artikel ini juga mencoba menjelaskan bagaimana Gerrit Bos mengedit dan menganotasi text Arab klasik yang disesuaikan dengan keilmuan Barat modern sehingga dia mampu menghasilkan sebuah edisi kritik yang reliable. Untuk keperluan itu, saya merujuk beberapa sumber yang relevan dalam menulis artikel ini, seperti Rosenthal's Technique, Witkam's Establishing Stemma, Vrolijk's Bringing a Laugh, GAL, GAS, El2, dan beberapa Jurnal.
Tradisi mengedit dan menganotasi manuskrip-manuskrip Arab Klasik telah menjadi fokus kajian para sarjana Barat selama beberapa abad. Karya-karya Gerrit Bos (sejak 1992), Hans Daiber (sejak 1976), Frank Griffel (sejak 2000), Recha Allgaier, Martina Hussein , and Jessica Kley (in progress) adalah contoh konkrit yang membuktikan bahwa tradisi ini masih berlanjut sampai sekarang. Edisi kritik karya Gerrit Bos menjadi contoh nyata dari kompetensi sarjana­sarjana Barat dalam megedit, menterjemahkan dan menganotasi manuskrip­manuskrip Arab klasik secara scientific.

Kata Kunci: Gerrit Bos, Qusta Ibn Luqa's risala, Arabic manuscript

Published
Dec 31, 2018
How to Cite
HUMAENI, Ayatullah. GERRIT BOS' EDITION OF QUSTA IBN LUQA'S AR-RISALA WITHIN THE CONTEXT OF THE WESTERN SCHOLARSHIP. Al Qalam, [S.l.], v. 35, n. 2, p. 241-270, dec. 2018. ISSN 2620-598X. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqalam/article/view/1695>. Date accessed: 03 dec. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/alqalam.v25i3.1695.
Abstract view
72 times
PDF download
87 times