PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI PADA MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Rustam Rustam Universitas Terbuka, Jakarta
  • Tati Rajati Universitas Terbuka, Jakarta

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa pada mata pelqaran matematika dan secara khusus bertujuan untuk mengetahui proses belajar mengajar materi geometri jika menggunakan sumber belajar yang ada di lingkungan siswa dan untuk mengetahui dampak penggunaan sumber belqar yang ada di lingkrmgan siswa terhadap pemahaman konsep geometri.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Athfal Jabon Mekar. Metode dalam memperoleh data untuk mennjawab permasalahan yaitu metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus tindakan. Adapun pengumpulan data diperoleh melalui tes, wawancara, dan observasi lapangan. Selanjutnya dilakukan pengelompokan data, validasi data, interpretasi data, dan tindakan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) proses pembelajaran. dengan menggunakan sumber belajar atau alat peraga yang berasal dari lingkungan dapat memperbaiki kesalahan dan memperjelas konsep geometri; (2) meningkatkan prestasi siswa, dalam kasus ini prestasi siswa meningkat dari rata-rata 6,42 menjadi 8,21 dalam skala 10.

Kata Kunci: Madrasah Ibitidaiyah, MI Miftahul Athjal Jabon Mekar, Konsep Geometri, pendekatan lingkungan

Published
Aug 29, 2008
How to Cite
RUSTAM, Rustam; RAJATI, Tati. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI PADA MADRASAH IBTIDAIYAH. Al Qalam, [S.l.], v. 25, n. 2, p. 296-320, aug. 2008. ISSN 2620-598X. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqalam/article/view/1686>. Date accessed: 10 aug. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/alqalam.v25i2.1686.