PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN PERANCANGAN PEMBELAJARAN

  • Sholeh Hidayat Universitas Tirtayasa, Serang-Banten

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang pengaruh; pertama, strategi pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan menyusun rancangan pembelajaran; dua, kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan menyusun rancangan pembelajaran; ketiga, interaksi antara strategi belajar dan kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan menyusun rancangan pembelajaran. Kasus kajian ini terjadi pada program studi DII jurusan pendidikan guru Taman Kanak-kanan FKIP Universitas Tirtayasa, semester dua tahun akademik 2006-2007, dengan sample sebanyak 44 orang.
Tulisan ini menyajikan bahwa; pertama, kemampuan merancang pembelajaran bagi siswa yang mendapat strategi belajar kooperatif lebih tinggi dari pada siswa yang mendapat strategi belajar ekspositori; kedua, kemampuan merancang pembelajaran bagi siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal yang tinggi lebih sesuai dengan strategi pembelajaran kooperatif; ketiga, siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal yang rendah dalam merancang pembelajaran lebih cocok dengan strategi belajar ekspositori; keempat, ada interaksi antara penggunaan strategi belajar dan kecerdasan interpersonal yang memberikan pengaruh yang berbeda dalam merancang pembelajaran.

Kata kunci: strategi belajar, pembelajaran koopertaif, pembelajaran ekpositori, kecerdasan interpersonal, rancangan pembelajaran.

Published
Aug 29, 2008
How to Cite
HIDAYAT, Sholeh. PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN PERANCANGAN PEMBELAJARAN. Al Qalam, [S.l.], v. 25, n. 2, p. 255-277, aug. 2008. ISSN 2620-598X. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqalam/article/view/1684>. Date accessed: 26 jan. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/alqalam.v25i2.1684.