PENGEMBANGAN SILABUS BAHASA INGGRIS DI IAIN SMH BANTEN

  • Naf'an Tarihoran IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Abstract

Pengembangan silabus merupakan bagian penting dari proses keberhasilan pebelajaran di lembaga pendidikan termasuk IAIN. Kemampuan dosen dalam mengembangkan silabus yang baik dan dapat diaplikasikan (applicable) akan berpengaruh pada penyusunan rencana pembelajaran (lesson plan) yang berarti pula berpengaruh pada proses pembelajaran di dalam kelas. Meskipun kita ketahui bahwa proses pembelajaran di dalam kelas dipengaruh banyak faktor namum jika tujuan jangka menengah tidak dapat dipahami oleh dosen dan civitas akademika, maka proses pun akan terganggu.
Dalam mengembangkan silabus dosen perlu mengintegrasikan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Kedua hal tersebut dangat mendukung mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari, pembelajaran dan pekerjaan mereka. Mengembangkan silabus bukan hanya pekerjaan individual namun perlu melibatkan dosen lain sehigga silabus yang dihasilkan akan lebih maksimal dan benar-benar applicable di lembaga bersangkutan.
Pengembangan silabus membutuhkan ketekunan dan ketelitian. Dosen yang mengembangkan silabus harus dapat menjabarkan tujuan pengajaran mengenai indikator dan kegiatan pembelajaran yang tepat. Dosen juga harus dapat menentukan bentuk dan jenis penilaian yang tepat sehingga ketercapaian tujuan dapat benar-benar terukur. Selain itu, penentuan materi pembelajaran serta sumber/ bahan/ alat bantu pembelajaran serta alokasi waktu menjadi kegiatan kunci untuk mendukung tercapainya kompetensi yang diharapkan.

Kata Kunci: Silabus bahasa, IAIN SMH Banten, tujuan pembelajaran

Published
Aug 29, 2008
How to Cite
TARIHORAN, Naf'an. PENGEMBANGAN SILABUS BAHASA INGGRIS DI IAIN SMH BANTEN. Al Qalam, [S.l.], v. 25, n. 2, p. 217-231, aug. 2008. ISSN 2620-598X. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqalam/article/view/1682>. Date accessed: 25 jan. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/alqalam.v25i2.1682.