IMAM Al-KHOLIL BIN AHMAD DAN KARYANYA, MU'JAM "AL-'AIN"

Tinjauan atas Metode Al-Kholil Bin Ahmad dalam Penulisan Kamus "al-'Ain"

  • Nana Jumhana IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Abstract

Dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain seperti India, Yunani, Romawi, dan China, bangsa Arab termasuk bangsa yang terlambat dalam menyusun kamus. Sampai akhir Dinasti bani Umayyah, di dunia Arab belum dikenal penulisan mujam (kamus) bahasa Arab seperti yang dikenal saat ini. Penyusunan mujam (kamus) bahasa Arab, yang menghimpun kosa kata bahasa Arab dan dijadikan sebagai panduan dalam mencari makna kosa kata, dengan metode dan sistem tertentu, barn dimulai pada awal masa dinasti Abbasiyyah, dengan dipelopori oleh Imam al-Kholii ibn Ahmad (100-170 H), dengan mu’jam yang berjudul ''al-'Ain''. Baru setelah itu penyusunan kamus (mu'jam) di kalangan sarjana muslim (Arab) mengalami perkembangan yang cukup pesat, dan hinga kini telah lahir mu’jam­mu’jam baru dengan berbagai pendekatan dan metode penulisan yang digunakan.
Sebagai seorang ulama yang mempelopori penulisan kamus bahasa Arab, di mana pola dan pendekatan yang digunakannya betul-betul baru dan sangat berbeda dari kelaziman yang ada di zamannya, Imam al-Kholil dan karyanya, mu’jam al­'Ain, cukup banyak menjadi objek kajian pembahasan para sarjana bahasa Arab sesudahnya. Perhatian para sarjana tersebut pada umumnya berkisar mengenai kesarjanaan al-Kholii bin Ahmad yang banyak memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu bahasa Arab, pendekatan dan metode al-tartib al-shaury yang digunakan al-Kholii dalam menyusun entri kamus bahasa Arab pertama tersebut, yang menunjukkan kecemerlangannya sebagai seorang Sayyidu ahl al-adab.
Tulisan ini mendeskripsikan secara sekilas mengenai biografi Imam al­Kholii bin Ahmad serta mu’jam (kamus bahasa arab) karyanya yaitu mu jam al­'Ain. Khusus dalam deskripsi mengenai mu’jam ini, akan diungkap tentang karakteristik kitab mu’jam al-'Ain, metode dan pendekatan yang digunakan dalam penyajian entri mu’jam (kamus)nya, serta pengaruh kemunculan mu’jam ini bagi perkembangan kamus ekabahasa Arab sesudahnya, serta pengaruhnya terhadap perkembangan kajian-kajian tentang kamus ekabahasa Arab.

Kata Kunci: al-Kholii bin Ahmad, Mu’jam al-'Ain, Tartib makharijul huruf

Published
Aug 29, 2008
How to Cite
JUMHANA, Nana. IMAM Al-KHOLIL BIN AHMAD DAN KARYANYA, MU'JAM "AL-'AIN". Al Qalam, [S.l.], v. 25, n. 2, p. 201-216, aug. 2008. ISSN 2620-598X. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqalam/article/view/1681>. Date accessed: 26 jan. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/alqalam.v25i2.1681.