PROSPEK PENGAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA

  • Achmad Satori Ismail UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

Adalah suatu kenyataan yang belum terbantahkan bahwa Indonesia merupakan negara berpenduduk Muslim terbesar diseluruh dunia. Sementara itu, bahasa utama Islam terutama dalam doktrin dan ritual adalah bahasa Arab. Dengan demikian prospek pengajaran bahasa Arab di Indonesia nampaknya sangatlah besar dan menjanjikan sekaligus menantang. Di lain pihak, pendekatan dan metode pengajaran bahasa pada umumnya juga berkembang dan bermunculan dengan sangat cepat sehingga pada titik tertentu membingungkan para pemakainya untuk menetukan pilihan. Hal tersebut juga berlaku bagi para pengajar bahasa Arab. Namun demikian, di antara sekian banyak pendekatan dan metode tersebut, nampaknya pendekatan komunikatif merupakan pendekatan yang paling sesuai, setidaknya ia merupakan metode yang dalam dua dasawarsa terakhir ini sangat dianjurkan pemakaiannya dalam pengajaran bahasa asing di Indonesia. Pendekatan komunikatif ini, terutama dalam pengajaran bahasa Arab, nampaknya baru bisa diterapkan apabila peserta didik sudah memiliki dasar-dasar bahasa Arab dan mampu menggunakannya dalam muhadatsah yaumiyah. Tingkatan kemampuan seperti itu setidaknya baru dimiliki oleh peserta didik di tingkat perguruan tinggi seperti mahasiswa jurusan bahasa Arab, di Fakultas Adab dan Tarbiyah.

Published
Dec 31, 2004
How to Cite
ISMAIL, Achmad Satori. PROSPEK PENGAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA. Al Qalam, [S.l.], v. 21, n. 102, p. 393-404, dec. 2004. ISSN 2620-598X. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqalam/article/view/1642>. Date accessed: 25 jan. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/alqalam.v21i102.1642.