KONTRIBUSI DIALEK QURAISY DAN DIALEK TAMIM TERHADAP BAHASA ARAB FUSHHA

Kajian Sosio-Psikolinguistik

  • MOCHAMMAD MU'IZZUDDIN IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Abstract

Kelahiran bahasa Arab fushha di jazirah Arab tidak tidak bisa dilepaskan dari dialek-dialek yang telah berkembang semenjak pada masa pra-Islam (masa jahili). Diantara dialek yang dianggap ikut andil besar terciptanya bahasa Arab  Fushha, menurut  beberapa linguis Arab  dalam kajian dialek-dialek  bangsa Arab, adalah dialek Quraisy dan dialek Tamim.
Tulisan ini berusaha untuk mengungkap kontribusi dialek Quraisy dan dialek Tamim terhadap kelahiran dan perkembangan bahasa Arab fushha. Selain akan dibahas tentang perbedaan kedua dialek tersebut dalam memberikan kontribusi terhadap kelahiran bahasa Arab fushha, tulisan ini juga mengekplorasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan tersebut.
Dialek Quraisy yang berasal dari kabilah Quraisy yang menduduki kota Mekah dan telah mendapatkan tempat yang utama di antara dialek-dialek Arab Utara, merupakan kontributor utama kelahiran bahasa Arab Fushha melalui bahasa al-naqsy dan sastra jahili. Sedangkan dialek Tamim yang berasal dari kabilah Bani Tamim yang dinisbatkan kepada Tamim bin Mur bin Adbin Tharikhah bin Ilyas bin Mudlar bin Nazar bin Ma'ad bin Adnan memberikan kontribusi melalui bentuk suara (fononologi), bentuk kata, dan bentuk kalimat.
Pada umumnya, para linguis sepakat bahwa dialek Quraisy memberikan kontribusi lebih besar dari pada dialek Tamim dalam pembentukan Arab fushha. Hal itu disebabkan oleh beberapa keunggulan yang dimiliki kabilah Quraisy, yakni: kekuasaan agama, kekuatan perekonomian, kekuatan politik, dan kekuatan bahasa.

Published
Aug 31, 2007
How to Cite
MU'IZZUDDIN, MOCHAMMAD. KONTRIBUSI DIALEK QURAISY DAN DIALEK TAMIM TERHADAP BAHASA ARAB FUSHHA. Al Qalam, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 261-278, aug. 2007. ISSN 2620-598X. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqalam/article/view/1635>. Date accessed: 15 july 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/alqalam.v24i2.1635.