PENGARUH TANGGUNG JAWAB PIMPINAN DAN IKLIM DEMOKRASI TERHADAP PEMBENTUKAN ORGANISASI CERDAS DAN DAMPAKNYA TERHADAP SIKAP PROFESIONAL DOSEN

  • Tata Rosita FKIP Universitas Terbuka

Abstract

Tujuan pokok penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empirik mengenai pembentukan organisasi cerdas pada lembaga pendidikan tinggi. Paradigma baru organisasi adalah keharusan untuk menyesuaikan dengan lingkungan sehingga memerlukan perubahan melalui kepemimpinan dan demokratisasi. Lebih jauh, kita ingin melihat bagaimana pengaruh organisasi cerdas terhadap sikap profesional dosen.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survei penjelasan pada Perguruan Tinggi Swasta di D KI Jakarta. Data yang dikumpulkan terdiri dari data sekunder yaitu melalui penyebaran kuesioner. Teknik Analisis data menggunakan  Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Path Analysis (Analisis Jalur).
Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: (1) Tanggung jawab pimpinan memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap organisasi cerdas, (2) Iklim demokrasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap organisasi cerdas, (3) Tanggung jawab pimpinan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Iklim demokrasi, dan (4) Organisasi cerdas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap profesional.

Published
Aug 31, 2007
How to Cite
ROSITA, Tata. PENGARUH TANGGUNG JAWAB PIMPINAN DAN IKLIM DEMOKRASI TERHADAP PEMBENTUKAN ORGANISASI CERDAS DAN DAMPAKNYA TERHADAP SIKAP PROFESIONAL DOSEN. Al Qalam, [S.l.], v. 24, n. 2, p. 178-190, aug. 2007. ISSN 2620-598X. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqalam/article/view/1632>. Date accessed: 12 july 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/alqalam.v24i2.1632.