PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOMPETENSI

  • Subhan Mughni IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Abstract

Kurikulum Berbasis Kompetensi sebagai kurikulum baru yang diharapkan dapat menjadi bagian dari solusi atas keterpurukan dunia pendidikan nasional telah mulai diimplementasikan di beberapa sekolah dan madrasah di Indonesia. Penerapan KBK ini menuntut terjadinya perubahan mendasar dalam proses pembelajaran yang berlangsung di kelas. Perubahan model pembelajaran, dari yang semula berpusat pada guru (teacher centered) menjadi berpusat pada siswa (student centered), dari pembelajaran yang berbasis content (materi pelajaran) menjadi pembelajaran yang berbasis kompetensi. Demikian juga halnya dalam pembelajaran bahasa Arab di madrasah aliyah, perubahan tersebut setidaknya nampak dalam perilaku mengajar guru yang meliputi langkah-langkah persiapan mengajar, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri kota Bogor. Pelaksanaan pembelajaran yang diteliti tersebut meliputi tahapan persiapan, penggunaan metode dan media pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru bahasa Arab.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan pihak-pihak yang terkait dengan penerapan kurikulum baru yang terdiri atas kepala madrasah, siswa, dan guru-guru bahasa arab di dua buah Madrasah Aliyah Negeri yang berada di kota Bogor. Kedua Madrasah tersebut secara resmi telah menerapkan kurikulum baru yang biasa disebut dengan kurikulum Berbasi Kompetensi mulai tahun ajaran 2004-20005.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di MAN kota Bogor yang telah mulai menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk siswa kelas satu tahun ajaran 2004-2005 belum sepenuhnya menjalankan pembelajaran berbasis kompetensi; guru bahasa Arab di MAN kota Bogor tidak membuat rencana pelajaran sebagai bagian dari persiapan mengajar; guru bahasa Arab menggunakan beragam metode dalam proses pembelajaran, yang dilaksanakannya; guru bahasa Arab belum maksimal memanfaatkan media pembelajaran sebagai alat bantu pengajaran; dan guru bahasa Arab secara teratur melakukan evaluasi pembelajaran bahasa Arab.

Published
Apr 28, 2006
How to Cite
MUGHNI, Subhan. PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KOMPETENSI. Al Qalam, [S.l.], v. 23, n. 1, p. 125-144, apr. 2006. ISSN 2620-598X. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqalam/article/view/1453>. Date accessed: 12 july 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/alqalam.v23i1.1453.