Pendekatan Fonetik, Kontrastif, dan Komunikatif dalam Pengajaran Membaca Alquran

  • Azkia Muharom Albantani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pendekatan fonetik, pendekatan kontrastif, dan pendekatan komunikatif dalam mengajar membaca Alquran bagi muslim Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan untuk mengungkap pengajaran membaca Alquran dengan pendekatan fonetik, kontrastif, dan komunikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran membaca Alquran efektif dilakukan dengan menggunakan pendekatan fonetik, kontrastif, dan komunikatif. Pendekatan fonetik maksudnya mengajarkan bunyi-bunyi atau huruf Alquran lebih ditekankan kepada cara mengucapkan lambang bunyi Alquran baik yang berupa huruf maupun yang berupa harakat yang semestinya menurut Ilmu Tajwid dari pada mengenalkan nama-nama huruf atau harakat itu. Pendekatan kontrastif maksudnya mengajarkan membaca Alquran kepada anak-anak Indonesia harus dimulai dengan mengenalkan huruf-huruf atau harakat yang bunyinya ada padanannya dalam bahasa Indonesia untuk mempermudah mereka dalam pengucapan. Pendekatan komunikatif maksudnya kita mengajarkan membaca Alquran melalui mengenal tanda baca dan bagaimana membunyikan tanda baca-tanda baca itu dengan benar, baik dalam bentuk huruf, harakat, kata maupun kalimat yang betul-betul ada dan dipakai dalam Alquran.

Published
Nov 25, 2019
How to Cite
MUHAROM ALBANTANI, Azkia. Pendekatan Fonetik, Kontrastif, dan Komunikatif dalam Pengajaran Membaca Alquran. Alfaz (Arabic Literatures for Academic Zealots), [S.l.], v. 7, n. 02, p. 107-117, nov. 2019. ISSN 2620-5351. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alfaz/article/view/2294>. Date accessed: 25 jan. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.32678/alfaz.Vol7.Iss02.2294.
Abstract view
194 times
PDF download
286 times