Pembelajaran Istima' Berbasis Online; Blended Learning dalam Istima’ I

  • ubaidillah ubaidillah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Pembelajaran listning skills merupakan unsur bahasa yang penting dalam rangka suskesnya pencapaian pembelajaran bahasa arab. Tetapi dalam lapangan unsur ini jarang mendapatkan perhatian serius dari peserta didik apalagi penyajian yang kurang menarik. Dengan demikian penelitian ini berusaha menganalisis efektivitas media online guna meningkatkan motivasi dan minat mahasiswa dalam pembelajaran istima’. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten terhadap strategi pembelajaran istima’ berbasis online dalam perkuliahan Maharah Istima’ dengan menggunakan penelitian kualitatif, metode pengumpulan data, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran istima’ berbasis online dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah istima’ I. Selain itu dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran istima’ dan membantu dalam ketarampilan imla’/menulis.

Published
Sep 17, 2020
How to Cite
UBAIDILLAH, ubaidillah. Pembelajaran Istima' Berbasis Online; Blended Learning dalam Istima’ I. al-Ittijah : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 45-54, sep. 2020. ISSN 2655-7444. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/al-ittijah/article/view/2931>. Date accessed: 02 dec. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.32678/al-ittijah.v12i01.2931.
Section
Articles
Abstract view
189 times
pdf download
160 times