PENGUATAN KARAKTER SANTRI DI SEKOLAH BERASRAMA

  • Apud Apud UIN SMH Banten

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai kesantrian sebagai pembentuk karakter santri di lingkungan sekolah berasrama dan menjelaskan tentang proses internalisasi nilai-nilai kesantrian tersebut di sekolah berasrama. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif-naturalistik. Data dikumpulkan secara induktif melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data, dilakukan melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Nilai-nilai karakter sebagai nilai kesantrian di SMA Daar el-Qolam terdiri atas: nilai intelektualitas, kemandirian, kedisiplinan, dan kepemimpinan yang dilandasi oleh falsafah kehidupan pesantren yang kenal dengan panca jiwa pondok dan motto pondok. Nilai-nilai karakter di SMA Nurul Fikri terdiri atas nilai ikhlas, amanah, tsaqofah, ukhuwah, khidmah, ghirah, iffah, dan dakwah; Internalisasi nilai-nilai kesantrian di lingkungan sekolah berasrama dilakukan secara sistematis, terarah, dan berkelanjutan dengan pendekatan indoktrinasi, nasihat yang baik (qudwah alhasanah), dan contoh yang baik (uswah al-hasanah).

Published
Dec 13, 2019
How to Cite
APUD, Apud. PENGUATAN KARAKTER SANTRI DI SEKOLAH BERASRAMA. Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language: The Education and 4.0 Industrial Era in Islamic Perspective, [S.l.], p. 373 - 384, dec. 2019. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/aiciel/article/view/2686>. Date accessed: 03 dec. 2020.
Abstract view
70 times
PDF (Bahasa Indonesia) download
42 times