Kaidah Kaidah Hukum Islam Tentang Siyasah Syariyah

  • Usman Musthafa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Pemimpin dalam konteks politik (politik Islam), memiliki peran penting dalam gerak kenegaraan. Ia sangat menetukan dalam penentuan hitamputihnya suatu negara. Jika ia kebetulan seorang pemimpin yang baik maka kebijakan-kebijakan yang dibuatnya bersifat arif. Artinya kebijakan-kebijakan itu banyak berpihak pada rakyat kecil.Tetapi jika pemimpin itu seorang yang kurang baik maka kebijakan-kebijakan yang dibuatnya diperkirakan kurang berpihak pada rakyat kecil.
Karena pentingnya seorang pemimpin dalam kontek sini, maka ulama-ulama terdahulu menaruh perhatian serius kepada seorang pemimpin. Hal itu dapat dilihat misalnya, pada masa kejayaan Islam, pemimpin sering diberi gelar yang dikesani sangat berlebihan. Di samping memberikan gelar yang dikesani berlebihan itu, para ulama member persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pemimpin dan pemimpin. Kedua hal ini merupakan bukti betapa pentingnya seorang pemimpin.
Kata Kunci :Pemimpin, rakyat, Negara.

Published
Jun 30, 2017
How to Cite
MUSTHAFA, Usman. Kaidah Kaidah Hukum Islam Tentang Siyasah Syariyah. Al Ahkam, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 1-20, june 2017. ISSN 2656-3096. Available at: <http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/ahkm/article/view/1819>. Date accessed: 02 dec. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.37035/ajh.v13i1.1819.
Abstract view
1641 times
pdf (Bahasa Indonesia) download
5334 times